Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Fakta atau Mitos? Inilah Jawabannya

 

fixindonesia

Tanaman kelor pada masyarakat Indonesia sering dikait-kaitkan dengan hal mistis. Padahal sebenarnya secara ilmiah daun kelor sendiri memiliki berbagai manfaat yang terkandung didalamnya. Memang tidak masuk akal jika daun kelor dapat digunakan untuk melunturkan sihir jahat yang menyakiti seseorang.

 Namun fakta di lapangan tak sedikit yang membenarkan hal tersebut.  Sebab menurut  ahli spritual daun kelor sendiri  diciptakan oleh Yang Maha Kuasa  dengan mengandung energi yang dapat menangkal sihir jahat.

Disisi lain ternyata manfaat daun kelor yang secara alamiah dapat dijelaskan secara ilmiah oleh berbagai penelitian dan observasi ilmuan.

Menurut WHO tanaman dengan nama latin Moringa Oliefera ini memiliki nutrisi yang tinggi dan gizi yang sangat baik. Berikut ini adalah berbagai kandungan dan manfaat  yang ada didalam daun kelor tersebut.

1.  Mengandung Vitamin B

Didalam daun kelor muda  yang belum mengering memiliki tingkat kandungan vitamin B yang baik untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. 

Vitamin tersebut juga  berfungsi memelihara kesehatan mata, rambut kuku , kesehatan mulut, dan lambung.

2. Mengandung Vitamin A

Sebuah jurnal hasil laboratorium  Universitas Pasundan menerangkan bahwa didalam daun kelor itu sendiri memiliki vitamin A sebanyak 6 %. Vitamin A sangat menyehatkan mata , kulit, dan memperbagus regenerasi kulit.

 Selain itu Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor mampu menyehatkan saluran pencernaan.

3.  Mengandung Kalsium 

Kalsium dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang dan gigi.

 Kalsium sendiri akan memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga  tubuh  akan menjadi lebih sehat dan bertenaga. Kalsium juga memiliki peran aktif untuk mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis.

4. Memiliki Kandungan Magnesium 

Magnesium telah teruji bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan tentu akan menurunkan resiko kadar gula berlebih dalam tubuh. 

Magnesium juga bermanfaat sebagai pencegah dari pengroposan tulang.  

Beberapa kasus dilapangan membuktikan keampuhan magnesium yang berfungsi untuuk mengurangi nyeri saat PMS dan  menurunkan rasa cemas serta migrain.

5. Mengandung Karbohidrat 

Daun juga memiliki karbohidrat yang dapat membantu sebagai sumber tenaga tubuh. Selama ini yang kita ketahui karbohidrat sering ditemui pada makanan pokok seperti gandum, beras dan jagung. 

Namun siapa sangka daun kelor juga memiliki karbohidrat yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai makanan perbaikan gizi.

6. Mengandung Fenol

Terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Syarifah. 

Daun kelor memiliki kandungan fenol yang baik sekitar 3 %  saat dalam keadaan yang utuh dan belum dijadikan serbuk. 

Fenol tersebut bermanfaat radikal bebas yang  sehingga dapat diandalkan sebagai detox tubuh.

7. Memiliki Protein yang Tinggi

Tubuh membutuhkan protein sebagai zat pembangun. 

Protein sendiri diperlukan sebagai zat yang mampu memperbaiki kerusakan jaringan-jaringan  tubuh dan membatu memperkuat otot , tulang rawan.


Selain itu dengan adanya protein tersebut akan membuat rasa kenyang.


Demikianlah berbagai penjabaran manfaat daun kelor yang merupakan fakta lapangan dan telah teruji dengan melalui berbagai riset dan penelitian. 

Adapun jika ada manfaat lain dalam dunia supranatural mungkin bisa saja benar sebab sebagian besar masyarakat Indonesia sudah banyak yang membuktikan keajaiban daun kelor itu sendiri.





Tidak ada komentar untuk "Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Fakta atau Mitos? Inilah Jawabannya"